Kata
kunci : Orientasi kewirausahaan, Orientasi pasar, Inovasi, Keunggulan bersaing
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam
sebuah negara yang sedang berkembang,
negara tersebut mempunyai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat membantu
perekonomian negara. Keberadaan pemerintah dalam hal ini sudah mulai serius
terbukti dari pemberian kredit lunak kepada pemilik usaha untuk dapat meningkatkan
kapabilitas mereka dalam meningkatkan kinerja perusahaan, namun pemberian
kredit oleh pemerintah masih kurang merata dikarenakan banyaknya UKM di
Indonesia. Sebagian usaha kecil dan menengah ini masih mempunyai berbagai
kelemahan baik dari dalam maupun dari luar.
Kelemahan yang dimiliki UKM dari dalam adalah kurangnya kemampuan
manajerial dan keterampilan, kurangnya akses terhadap informasi teknologi,
permodalan dan pasar. Kelemahan ini disebabkan sebagai sumber daya manusia yang
kurang terampil. Sebaliknya kelemahan dari luar adalah kurangnya kemampuan
untuk beradaptasi terhadap pengaruh lingkungan yang strategis, kurang cekatan
dalam mengantisipasi berbagai tantangan sebagai akibat resesi ekonomi baik
tingkat global maupun regional. Maka dari itu perlunya pembinaan dan
pengembangan usaha kecil dan menengah semakin digalakkan. Dari berbagai
kelemahan-kelemahan tersebut perusahaan harus memiliki keunggulan bersaing
dengan cara memberikan inovasi yang berkualitas karena persaingan usaha yang
begitu ketat. Apabila perusahaan tidak dapat bersaing maka perusahaan tersebut
tidak akan tahan lama. UKM sendiri terbukti mampu menggerakan roda
perekonomian dan mengurangi jumlah
pengangguran yang ada. Walaupun masih dalam usaha kecil namun mampu bersaing
dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya dan mempunyai dampak yang cukup baik
bagi perekonomian negara. Terbentuknya UKM dari sang pemilik harus mempunyai
kemampuan berwirausaha dan mampu menghasilkan kreativitas tinggi dalam
keunggulan produk yang berkarakter agar mampu bersaing dengan perusahaan yang
mayoritas memperioritaskan “mengikuti zaman”. Oleh karena itu diperlukan
strategi dalam pemasaran yang cukup baik agar dapat menjadikan usaha yang perspektif.
Rumusan
masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka penulis merumuskan dalam penelitian ini sebagai
berikut:
- Bagaimana cara menanggulangi kelemahan dan solusi efektif pada UKM?
- Bagaimana cara meningkatkan daya saing UKM terhadap perusahaan lain?
- Bagaimana menciptakan keunggulan produk sehingga dapat mempengaruhi perusahaan lain?
Tujuan
penelitian
Penulisan
ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, orientasi pasar,
inovasi dan keunggulan bersaing dalam sebuah usaha kecil dan menengah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar