Minggu, 04 November 2012

Analisis beberapa jurnal mengenai Usaha Kecil dan Menengah mengenai keripik pedas


Analisis beberapa jurnal mengenai Usaha Kecil dan Menengah
Analisis jurnal 1 :
Peran Pembinaan Manajemen Usaha Terhadap Kemajuan Bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah)
(Studi kasus Mitra binaan PT. Jasa Marga Persero)
Latar Belakang
Secara umum keberadaan perusahaan kecil dan menengah (UKM)  di Negara-negara berkembang dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian Negara. Keberadaan UKM terbukti telah mampu menggerakkan roda perekonoian bangsa dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Meski para UKM ini memiliki beberapa keterbatasan namun pada kenyataannya mereka mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Bahkan pada saat kondisi perekonomian memburuk dan banyak perusahaan besar yang terancam bangkrut, para UK ini tetap mampu untuk bertahan hidup. Hanya para pemilik (owner) yang mempunyai orientasi kewirausahaan kuat yang mampu membawa peningkatan bagi perusahaan. Ketidakmampuan pemilik untuk memelihara kekuatan dalam menghadapi tantangan yang ada justru akan berpengaruh pada turunnya kinerja dan kegagalan perusahaan (Hill dan McGowan, 1999,p,167). Ketergantungan perusahaan akan orientasi kewirausahaan para pemiliknua harus disertai dengan kemampuan perusahaan untuk merumuskan strateginya dan mengimplementasikan strategi tersebut dengan baik. Strategi dapat dipandang sebagai respon perusahaan, baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang, dalam menghadapi tantangan dan peluang akibat perubahaan lingkungan yang terjadi. Leberadaan UKM di Indonesia ternyata mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian bangsa, khususnya dalam mengurangi jumlah pengangguran.

Perumusan Masalah
Perusahaan menghendaki keuntungan yang memadai dan berkelanjutan agar dapat bersaing dan menghadilkan kinerja terbaik. Salah satu faktor yang berperan dalam membangun kinerja perusahaan adalah kinerja pemasaran. Berdasarkan uraian diatas, maka masalah pada penelitian adalah bagaimanan meningkatkan kinerja pemasaran. Dari masalah penelitian tersebut muncul pertanyaan penelitian sebagai berikut:
  1. Apa pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja pemasaran?
  2. Apa pengaruh kreatifitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran?
  3. Apa pengaruh factor lingkungan yang memoderasi orientasi wirausaha dan kreatifitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran?

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi wirausaha dan kreatifitas program pemasaraan terhadap kinerja pemasaran dengan faktor lingkungan sebagai variable moderat.

Analisis jurnal 2 :
ONLINE MARKETING COMMUNICATION KERIPIK PEDAS “MAICIH”
Latar Belakang
Indonesia merupakan negara dengan keaneka-ragaman cita rasa kuliner yang luar biasa banyak ciri khas dengan berbagai macam jenisnya. Baik masakan yang diasimilasi dari beragam masakan pendatang, hingga karya asli dari makanan tradisional itu sendiri. Secara umum dan hampir semua masakan Indonesia kaya akan bumbu-bumbu yang berasal dari rempah-rempah hasil dari kekayaan alam negeri. Hal tersebut merupakan fakta yang banyaknya usaha kuliner yang menjamur di Indonesia. Mengingat bahwa usaha kuliner merupakan mata rantai ekonomi rakyat yang sangat penting karena menyediakan salah satu kebutuhan primer manusia yaitu kebutuhan makanan yang berdampak secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kesehatan. Seiring perkembangan zaman, dunia pun semakin modern. Para produsen saling berlomba membuat suatu produk serta memasarkannya. Sebagaimana diketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli apat peminatnya. Salah satu cara yang digunakan prodisen adalah dengan cara komunikasi pemasaran.
Rumusan Masalah
  1. Bagaimana cara memasarkan produk yang baru dikalangan industri?
  2. Bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan berkomunikasi yang menguntungkan?
  3. Bagaimana cara mengatasi kerugian perusahaan akibat promosi yang tidak efektif dan efisien?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian adalah:
  1. Mangumpulkan informasi secara rinci yang melukiskan gejala yang ada.
  2. Mengidentifikasikan masalah atau memeriksa kondisi dan praktik-praktik yang berlaku.
  3. Membuat perbandingan atau evaluasi
  4. Menentukan apa yang dilakukan dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang (Rakhmat, 1999:25).
Analisi jurnal ke 3 :
INDUSTRI KERIPIK BALADO CHRISTINE HAKIM
Latar Belakang
Sumatera Barat memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar. Sumber daya alam tersebut bersumber dari bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, pariwisata, indutri kecil dan menengah, jasa dan perdagangan. Perekonomian Sumatera Barat umumnya di dominasi oleh bidang pertanian yang merupakan sumber kehidupan sebagian masyarakat sekitar. Industri rumah tangga dan industri kecil yang pada umumnya terdapat di pinggiran daerah perkotaan erat kaitannya dengan pertanian. Dari sejarahnya, industri mula-mula berkembang dari kerajinan tangan dan menggunakan anggota keluarga sendiri sebagai tenaga kerja, sifatnya turun-menurun, tradisional, dan hasilnya disesuaikan selera pemakai. Ibu kota Sumatera Barat adalah Padang. Di kota Padang terdapat beberapa usaha industri makanan yang membuat dan menjual makanan khas daerah Sumatera Barat, diantaranya adalah keripik balado mahkota, keripik balado Shirley, dan keripik balado Christine Hakim. Makanan khas daerah Sumatera Barat yang memiliki kekhasan, kedaerahan diantaranya adalah keripik balado, galamai, dan lain-lain. Salah satu usaha industri makanan menjadikan hasil palawija sebagai salah satu ilihan untuk dijadikan usaha makanan khas adalah industri keripik balado Christine Hakim. Industri keripik balado Christine Hakim merupakan industri makanan, yang memerlukan hasil pertanian palawija untuk mendukung usaha industri dalam memenuhi perminataan masyarakat.

Rumusan Masalah
Adapun batasan spasial dari penulisan ini adala kota Padang yang merupakan lokasi dari usaha keripik balado ini. Agar permasalahan yang dikaji lebih terfokus, maka dirumuskan ke dalam beberapa pertanyaan sebagai berikut:
1.       Apa yang melatarbelakangi berdirinya usaha keripik balado Christine Hakim?
2.       Bagaimana perkembangan industri keripik balado Christine Hakim?
3.       Bagaimana pengaruh industri keripik balado Christine Hakim bagi kehidupan masyarkat sekitar?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai penulisan ini, yaitu:
  1. Untuk mengetahui latar belakang pendirian dari industri keripik balado Christine Hakim hingga mencapai kesuksesan.
  2. Untuk melihat bagaimana perkembangan industri keripik balado Christine Hakim dalam menghadapi krisis ekonomi pada tahun 1998.
  3. Untuk melihat pengaruh dari industri keripik balado Christine Hakim terhadap masyarakat sekitar, terutama terhadap lesejahteraan para pekerjanya dan industri rumah tangga yang dibinanya.
  4. Untuk mengungkapkan keberadaan industri keripik balado Christine Hakim yang beridi tanpa mendapat bantuan dana dari pemerintah maupun bank. 
Sumber Jurnal :
journals.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1297
repository.unand.ac.id/16915/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar