Analisis
beberapa jurnal mengenai Usaha Kecil dan Menengah
Analisis
jurnal 1 :
Peran
Pembinaan Manajemen Usaha Terhadap Kemajuan Bisnis UKM (Usaha Kecil dan
Menengah)
(Studi
kasus Mitra binaan PT. Jasa Marga Persero)
Latar
Belakang
Secara
umum keberadaan perusahaan kecil dan menengah (UKM) di Negara-negara berkembang dapat dikatakan
sebagai tulang punggung perekonomian Negara. Keberadaan UKM terbukti telah
mampu menggerakkan roda perekonoian bangsa dan mengurangi jumlah pengangguran
yang ada. Meski para UKM ini memiliki beberapa keterbatasan namun pada
kenyataannya mereka mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Bahkan
pada saat kondisi perekonomian memburuk dan banyak perusahaan besar yang
terancam bangkrut, para UK ini tetap mampu untuk bertahan hidup. Hanya para
pemilik (owner) yang mempunyai orientasi kewirausahaan kuat yang mampu
membawa peningkatan bagi perusahaan. Ketidakmampuan pemilik untuk memelihara
kekuatan dalam menghadapi tantangan yang ada justru akan berpengaruh pada
turunnya kinerja dan kegagalan perusahaan (Hill dan McGowan, 1999,p,167).
Ketergantungan perusahaan akan orientasi kewirausahaan para pemiliknua harus
disertai dengan kemampuan perusahaan untuk merumuskan strateginya dan
mengimplementasikan strategi tersebut dengan baik. Strategi dapat dipandang
sebagai respon perusahaan, baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka
panjang, dalam menghadapi tantangan dan peluang akibat perubahaan lingkungan
yang terjadi. Leberadaan UKM di Indonesia ternyata mampu memberikan dampak positif
bagi perekonomian bangsa, khususnya dalam mengurangi jumlah pengangguran.
Perumusan
Masalah
Perusahaan
menghendaki keuntungan yang memadai dan berkelanjutan agar dapat bersaing dan
menghadilkan kinerja terbaik. Salah satu faktor yang berperan dalam membangun
kinerja perusahaan adalah kinerja pemasaran. Berdasarkan uraian diatas, maka
masalah pada penelitian adalah bagaimanan meningkatkan kinerja pemasaran. Dari
masalah penelitian tersebut muncul pertanyaan penelitian sebagai berikut:
- Apa pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja pemasaran?
- Apa pengaruh kreatifitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran?
- Apa pengaruh factor lingkungan yang memoderasi orientasi wirausaha dan kreatifitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran?
Tujuan
Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi wirausaha dan kreatifitas
program pemasaraan terhadap kinerja pemasaran dengan faktor lingkungan sebagai
variable moderat.
Analisis
jurnal 2 :
ONLINE
MARKETING COMMUNICATION KERIPIK PEDAS “MAICIH”
Latar Belakang
Indonesia merupakan negara dengan keaneka-ragaman cita
rasa kuliner yang luar biasa banyak ciri khas dengan berbagai macam jenisnya. Baik
masakan yang diasimilasi dari beragam masakan pendatang, hingga karya asli dari
makanan tradisional itu sendiri. Secara umum dan hampir semua masakan Indonesia
kaya akan bumbu-bumbu yang berasal dari rempah-rempah hasil dari kekayaan alam
negeri. Hal tersebut merupakan fakta yang banyaknya usaha kuliner yang menjamur
di Indonesia. Mengingat bahwa usaha kuliner merupakan mata rantai ekonomi
rakyat yang sangat penting karena menyediakan salah satu kebutuhan primer
manusia yaitu kebutuhan makanan yang berdampak secara langsung ataupun tidak
langsung terhadap kesehatan. Seiring perkembangan zaman, dunia pun semakin
modern. Para produsen saling berlomba membuat suatu produk serta memasarkannya.
Sebagaimana diketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan
tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli apat peminatnya. Salah satu cara
yang digunakan prodisen adalah dengan cara komunikasi pemasaran.
Rumusan Masalah
- Bagaimana cara memasarkan produk yang baru dikalangan industri?
- Bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan berkomunikasi yang menguntungkan?
- Bagaimana cara mengatasi kerugian perusahaan akibat promosi yang tidak efektif dan efisien?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian adalah:
- Mangumpulkan informasi secara rinci yang melukiskan gejala yang ada.
- Mengidentifikasikan masalah atau memeriksa kondisi dan praktik-praktik yang berlaku.
- Membuat perbandingan atau evaluasi
- Menentukan apa yang dilakukan dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang (Rakhmat, 1999:25).
Analisi
jurnal ke 3 :
INDUSTRI KERIPIK BALADO CHRISTINE HAKIM
Latar
Belakang
Sumatera Barat memiliki potensi sumber daya alam yang
cukup besar. Sumber daya alam tersebut bersumber dari bidang pertanian,
perkebunan, pertambangan, perikanan, pariwisata, indutri kecil dan menengah,
jasa dan perdagangan. Perekonomian Sumatera Barat umumnya di dominasi oleh
bidang pertanian yang merupakan sumber kehidupan sebagian masyarakat sekitar. Industri
rumah tangga dan industri kecil yang pada umumnya terdapat di pinggiran daerah
perkotaan erat kaitannya dengan pertanian. Dari sejarahnya, industri mula-mula
berkembang dari kerajinan tangan dan menggunakan anggota keluarga sendiri
sebagai tenaga kerja, sifatnya turun-menurun, tradisional, dan hasilnya disesuaikan
selera pemakai. Ibu kota Sumatera Barat adalah Padang. Di kota Padang terdapat
beberapa usaha industri makanan yang membuat dan menjual makanan khas daerah
Sumatera Barat, diantaranya adalah keripik balado mahkota, keripik balado
Shirley, dan keripik balado Christine Hakim. Makanan khas daerah Sumatera Barat
yang memiliki kekhasan, kedaerahan diantaranya adalah keripik balado, galamai,
dan lain-lain. Salah satu usaha industri makanan menjadikan hasil palawija
sebagai salah satu ilihan untuk dijadikan usaha makanan khas adalah industri
keripik balado Christine Hakim. Industri keripik balado Christine Hakim
merupakan industri makanan, yang memerlukan hasil pertanian palawija untuk
mendukung usaha industri dalam memenuhi perminataan masyarakat.
Rumusan
Masalah
Adapun batasan spasial dari penulisan ini adala kota
Padang yang merupakan lokasi dari usaha keripik balado ini. Agar permasalahan
yang dikaji lebih terfokus, maka dirumuskan ke dalam beberapa pertanyaan
sebagai berikut:
1.
Apa yang
melatarbelakangi berdirinya usaha keripik balado Christine Hakim?
2.
Bagaimana perkembangan
industri keripik balado Christine Hakim?
3.
Bagaimana pengaruh
industri keripik balado Christine Hakim bagi kehidupan masyarkat sekitar?
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai penulisan ini, yaitu:
- Untuk mengetahui latar belakang pendirian dari industri keripik balado Christine Hakim hingga mencapai kesuksesan.
- Untuk melihat bagaimana perkembangan industri keripik balado Christine Hakim dalam menghadapi krisis ekonomi pada tahun 1998.
- Untuk melihat pengaruh dari industri keripik balado Christine Hakim terhadap masyarakat sekitar, terutama terhadap lesejahteraan para pekerjanya dan industri rumah tangga yang dibinanya.
- Untuk mengungkapkan keberadaan industri keripik balado Christine Hakim yang beridi tanpa mendapat bantuan dana dari pemerintah maupun bank.
Sumber Jurnal :
journals.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1297
repository.unand.ac.id/16915/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar