Senin, 08 Oktober 2012

marketing (pemasaran)



Pengertian Pemasaran
Secara umu, pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur pokok dala kegiatan pemasaran
1.       Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar tersebut misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan, dan sebagainya yang harus dipenuhi. Pemasar dapat merupakan:
a.       Produsen (umumnya berorientasi pada keuntungan)
b.      Organisasi (belum tentu berorientasi pada keuntungan)
c.       Pemerintah (berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
2.       Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret (jasa) atau kombinasinya.
3.       Pasar
pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Pasar mempunyai kapasitas pertukaran daya beli untuk bias memperoleh barang yang diinta. Daya beli adalah kemampuan pasar untuk mendapatkan barang yang diperlukan.
4.       Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.    
Lingkup Pengertian Pemasaran
1.       Pemasaran mikro-eksternal
Pengertian pemasaran melibatkan lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokan sebagai pengertian pemasaran mikro-eksternal atau sering dikenal sebagai pemasaran eksternal.
2.       Pemasaran mikro-internal
Untuk pencapaian tujuan organisasi pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemodal, pelaksana, dan pengelola) sangat diperlukan. Usaha-usaha yang dilakukan juga merupakan kegiatan pemasaran yang berorientasi internal perusahaan.
3.       Pemasaran makro-eksternal
Pemasaran perusahaan dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan produsen berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Masyarakat sebagai pihak eksternal merupakan sasaran pemasaran produsen dalam lingkup makro. Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.

Fungsi Pemasaran Universal
Untuk melakukan pemasaran, pemasar perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fungsi-fungsi tersebut adalah:
a.       Pembelian
b.      Penjualan
c.       Pengiriman
d.      Penyimpanan
e.      Standarisasi
f.        Klasifikasi
g.       Pembungkusan
h.      Penanggungan resiko
i.         Pendanaan
j.        Dll.
Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan fungsi pemasaran yang universal atau meluas. Artinya setiap pemasar akan membutuhkan semua atau seluruh kegiatan-kegiatan tersebut, meskipun demikian tidak harus setiap kegiatan akan atau perlu ditindakan sendiri.
Pengembangan Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan sebagai berikut:
a.       Konsep produksi
Adalah anggapan pemasar yang berorientas pada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Demangan demikian focus terhadap kegiatan perusahaan adalah efisiensi biaya agar dapat menjual barang lebih murah.
b.      Konsep produk
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitasatau berpenampilan baik. Tujuan perusahaan adalah pengendalian kualitas.
c.       Konsep penjualan
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (nternal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
d.      Konsep pemasaran
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan keputusan.
e.      Konsep pemasaran yang memasyarakat (social)
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya tersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan social konsumen. Tujuannya dapat berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraannya.
f.        Konsep pasar
Adalah anggapan pemasar yang berorientas kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing untuk da[at memenuhi dan memuaskan pelanggan.

sumber : buku Dasar Pemasaran, Teguh Budiarto, Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar