Pengertian Pemasaran
Secara umu, pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan
barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya
melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan
perusahaan.
Unsur pokok dala kegiatan pemasaran
1. Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang
mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar
tersebut misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan,
kesejahteraan, dan sebagainya yang harus dipenuhi. Pemasar dapat merupakan:
a. Produsen (umumnya berorientasi pada keuntungan)
b. Organisasi (belum tentu berorientasi pada keuntungan)
c. Pemerintah (berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
2. Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan
produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat
bersifat konkret, tidak konkret (jasa) atau kombinasinya.
3. Pasar
pasar adalah konsumen pribadi atau
organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud
sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Pasar mempunyai kapasitas
pertukaran daya beli untuk bias memperoleh barang yang diinta. Daya beli
adalah kemampuan pasar untuk mendapatkan barang yang diperlukan.
4. Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang
masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk
pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Lingkup Pengertian Pemasaran
1. Pemasaran mikro-eksternal
Pengertian pemasaran
melibatkan lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokan
sebagai pengertian pemasaran mikro-eksternal atau sering dikenal sebagai
pemasaran eksternal.
2.
Pemasaran mikro-internal
Untuk pencapaian
tujuan organisasi pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal
(pemodal, pelaksana, dan pengelola) sangat diperlukan. Usaha-usaha yang
dilakukan juga merupakan kegiatan pemasaran yang berorientasi internal
perusahaan.
3.
Pemasaran makro-eksternal
Pemasaran perusahaan
dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan produsen berusaha memenuhi
kebutuhan masyarakat tersebut. Masyarakat sebagai pihak eksternal merupakan
sasaran pemasaran produsen dalam lingkup makro. Pemasaran makro adalah proses
penyebaran dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.
Fungsi Pemasaran
Universal
Untuk melakukan
pemasaran, pemasar perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fungsi-fungsi
tersebut adalah:
a. Pembelian
b. Penjualan
c. Pengiriman
d. Penyimpanan
e. Standarisasi
f.
Klasifikasi
g. Pembungkusan
h. Penanggungan resiko
i.
Pendanaan
j.
Dll.
Kegiatan-kegiatan
tersebut merupakan fungsi pemasaran yang universal atau meluas. Artinya setiap
pemasar akan membutuhkan semua atau seluruh kegiatan-kegiatan tersebut,
meskipun demikian tidak harus setiap kegiatan akan atau perlu ditindakan
sendiri.
Pengembangan Konsep
Pemasaran
Konsep pemasaran
ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan sebagai berikut:
a. Konsep produksi
Adalah anggapan pemasar yang berorientas pada proses produksi
(internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Demangan
demikian focus terhadap kegiatan perusahaan adalah efisiensi biaya agar
dapat menjual barang lebih murah.
b. Konsep produk
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki
produk-produk yang berkualitasatau berpenampilan baik. Tujuan perusahaan adalah
pengendalian kualitas.
c. Konsep penjualan
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat
penjualan (nternal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat
meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
d. Konsep pemasaran
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada
pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk
yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan keputusan.
e. Konsep pemasaran yang memasyarakat (social)
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya tersedia
membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan
lingkungan social konsumen. Tujuannya dapat berusaha memenuhi kebutuhan
masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk
peningkatan kesejahteraannya.
f.
Konsep pasar
Adalah anggapan pemasar yang berorientas kepada pelanggan dan
pesaing-pesaing perusahaan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang
bersaing untuk da[at memenuhi dan memuaskan pelanggan.
sumber : buku Dasar Pemasaran, Teguh Budiarto, Universitas Gunadarma
sumber : buku Dasar Pemasaran, Teguh Budiarto, Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar