Kata
kunci : Orientasi kewirausahaan, Orientasi pasar, Inovasi, Keunggulan bersaing
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam
sebuah negara yang sedang berkembang, negara tersebut mempunyai Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) yang dapat membantu perekonomian negara. Keberadaan pemerintah
dalam hal ini sudah mulai serius terbukti dari pemberian kredit lunak kepada
pemilik usaha untuk dapat meningkatkan kapabilitas mereka dalam meningkatkan
kinerja perusahaan, namun pemberian kredit oleh pemerintah masih kurang merata
dikarenakan banyaknya UKM di Indonesia. Sebagian usaha kecil dan menengah ini
masih mempunyai berbagai kelemahan baik dari dalam maupun dari luar. Kelemahan yang dimiliki UKM dari dalam adalah
kurangnya kemampuan manajerial dan keterampilan, kurangnya akses terhadap
informasi teknologi, permodalan dan pasar. Kelemahan ini disebabkan sebagai sumber
daya manusia yang kurang terampil. Sebaliknya kelemahan dari luar adalah
kurangnya kemampuan untuk beradaptasi terhadap pengaruh lingkungan yang
strategis, kurang cekatan dalam mengantisipasi berbagai tantangan sebagai
akibat resesi ekonomi baik tingkat global maupun regional. Maka dari itu
perlunya pembinaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah semakin digalakkan.
Dari berbagai kelemahan-kelemahan tersebut perusahaan harus memiliki keunggulan
bersaing dengan cara memberikan inovasi yang berkualitas karena persaingan
usaha yang begitu ketat. Apabila perusahaan tidak dapat bersaing maka
perusahaan tersebut tidak akan tahan lama. UKM sendiri terbukti mampu
menggerakan roda perekonomian dan
mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Walaupun masih dalam usaha kecil namun
mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya dan mempunyai dampak
yang cukup baik bagi perekonomian negara. Terbentuknya UKM dari sang pemilik
harus mempunyai kemampuan berwirausaha dan mampu menghasilkan kreativitas tinggi
dalam keunggulan produk yang berkarakter agar mampu bersaing dengan perusahaan
yang mayoritas memperioritaskan “mengikuti zaman”. Oleh karena itu diperlukan
strategi dalam pemasaran yang cukup baik agar dapat menjadikan usaha yang perspektif.
Rumusan
masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka penulis merumuskan dalam penelitian ini sebagai
berikut:
- Bagaimana cara menanggulangi kelemahan dan solusi efektif pada UKM?
- Bagaimana cara meningkatkan daya saing UKM terhadap perusahaan lain?
- Bagaimana menciptakan keunggulan produk sehingga dapat mempengaruhi perusahaan lain?
Tujuan
penelitian
Penulisan
ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, orientasi pasar,
inovasi dan keunggulan bersaing dalam sebuah usaha kecil dan menengah.
Daftar
pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar