Minggu, 28 Oktober 2012

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN PRODUK KERIPIK PEDAS DI BANDUNG DALAM BERSAING MELALUI BEBERAPA ORIENTASI


Kata kunci : Orientasi kewirausahaan, Orientasi pasar, Inovasi, Keunggulan bersaing
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam sebuah negara yang sedang berkembang, negara tersebut mempunyai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat membantu perekonomian negara. Keberadaan pemerintah dalam hal ini sudah mulai serius terbukti dari pemberian kredit lunak kepada pemilik usaha untuk dapat meningkatkan kapabilitas mereka dalam meningkatkan kinerja perusahaan, namun pemberian kredit oleh pemerintah masih kurang merata dikarenakan banyaknya UKM di Indonesia. Sebagian usaha kecil dan menengah ini masih mempunyai berbagai kelemahan baik dari dalam maupun dari luar.  Kelemahan yang dimiliki UKM dari dalam adalah kurangnya kemampuan manajerial dan keterampilan, kurangnya akses terhadap informasi teknologi, permodalan dan pasar. Kelemahan ini disebabkan sebagai sumber daya manusia yang kurang terampil. Sebaliknya kelemahan dari luar adalah kurangnya kemampuan untuk beradaptasi terhadap pengaruh lingkungan yang strategis, kurang cekatan dalam mengantisipasi berbagai tantangan sebagai akibat resesi ekonomi baik tingkat global maupun regional. Maka dari itu perlunya pembinaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah semakin digalakkan. Dari berbagai kelemahan-kelemahan tersebut perusahaan harus memiliki keunggulan bersaing dengan cara memberikan inovasi yang berkualitas karena persaingan usaha yang begitu ketat. Apabila perusahaan tidak dapat bersaing maka perusahaan tersebut tidak akan tahan lama. UKM sendiri terbukti mampu menggerakan roda perekonomian  dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Walaupun masih dalam usaha kecil namun mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya dan mempunyai dampak yang cukup baik bagi perekonomian negara. Terbentuknya UKM dari sang pemilik harus mempunyai kemampuan berwirausaha dan mampu menghasilkan kreativitas tinggi dalam keunggulan produk yang berkarakter agar mampu bersaing dengan perusahaan yang mayoritas memperioritaskan “mengikuti zaman”. Oleh karena itu diperlukan strategi dalam pemasaran yang cukup baik agar dapat menjadikan usaha yang perspektif.

Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan dalam penelitian ini sebagai berikut:
  1. Bagaimana cara menanggulangi kelemahan dan solusi efektif pada UKM?
  2. Bagaimana cara meningkatkan daya saing UKM terhadap perusahaan lain?
  3. Bagaimana menciptakan keunggulan produk sehingga dapat mempengaruhi perusahaan lain?

Tujuan penelitian
Penulisan ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, orientasi pasar, inovasi dan keunggulan bersaing dalam sebuah usaha kecil dan menengah.

Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar