Minggu, 06 April 2014

Indomie Tembus Pasar Kazakhstan

JAKARTA, KOMPAS.com — Penandatanganan kerja sama antara perusahaan bisnis asal Kazakhstan Interex Group dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang dilakukan di Kazakhstan baru-baru ini menjadikan produk mi instan bakal resmi masuk pasar Kazakhstan.

Adapun besar dan banyaknya kebutuhan Indomie di negeri Kazakhstan, menurut General Manager Corporate Communication PT Indofood Sukses Makmur Tbk Stefanus Indrayana, saat ini masih dalam tahap penjajakan. Namun menurutnya, pasar di negeri tersebut cukup besar.

Dari laporan tahun 2011, kapasitas produksi mi instan ini berhasil mencapai belasan miliar bungkus per tahun. Hal tersebut menempatkan Indofood sebagai produsen mi instan terbesar di dunia. Dari total kapasitas tersebut, sebanyak 11 miliar bungkus adalah produk Indomie. Dari jumlah itu, sebanyak 880 juta bungkus diekspor.

Khusus untuk mi instan, penambahan telah dilakukan terhadap kapasitas produk dari pabrik yang ada di Jakarta, Palembang, dan Semarang. Dengan demikian, kapasitas mi akan didongkrak 13 persen dari sekarang 15,7 miliar bungkus per tahun.

Menurut Direktur PT Indofood Sukses Makmur, Franciscus Welirang, beberapa waktu lalu, Indomie sudah diekspor ke 80 negara di lima benua selama lebih dari 20 tahun. Indomie bukan hanya dikenal di negara tetangga dekat di Asia, seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Hongkong, hingga Taiwan. Namun, Indomie sudah terbang jauh ribuan kilometer mulai dari wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, hingga benua Amerika.

Untuk memenuhi permintaan di berbagai belahan dunia tersebut, Indofood tidak sekadar mendatangkan Indomie dari Indonesia. Namun, perusahaan yang dirintis oleh taipan Soedono Salim ini juga membangun pabrik di sejumlah negara lain. Misalnya di Malaysia, Indofood mempunyai perusahaan Indofood (M) Food Industries Sdn Bhd yang khusus memproduksi mi instan di Malaysia.

Untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika, Indofood menjalin kontrak perjanjian dengan berbagai perusahaan di sana untuk memproduksi Indomie. Misalnya saja dengan Pinehill Arabia Food Limited (Pinehill) di Arab Arabia, De United Food Industries Limited (Duhill) di Nigeria, Salim Wazaran Brinjikji Company (Sawab) di Syria, dan Salim Wazaran Abu Elata Co (Sawata) di Mesir. (Budi Prasetyo)


Pendapat Pembaca :
Menurut saya dengan penandatanganan kerjasama antara perusahaan di Kazakhstan dan PT Indofood membuat PT Indofood dapat melebarkan sayapnya ke dunia Internasional, bahkan dari laporan tahun 2011 lalu, kapasitas produksi mie instan ini berhasil mencapai belasan milliar bungkus per tahun, dari total tersebut terdapat 11 milliar bungkus adalah produk Indomie. Tidak hanya negara Kazakhstan, PT Indofood juga sudah mengekspor ke 80 negara seperti: Singapira, Malaysia, Brunei, Hongkong, Taiwan, Eropa, Timur Tengah, Afrika, hingga benua Amerika. Ini dapat dikatakan PT Indofood menyebarkan kuliner khas Indonesia melalui produk Indomie karena dalam produk tersebut tersedia berbagai rasa khas Indonesia.



Sumber :
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/05/31/0041276/Indomie.Tembus.Pasar.Kazakhstan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar