Jumat, 20 Mei 2011

Peran Universitas Gunadarma dalam membangun masyarakat informasi di Indonesia


Salah satu universitas swasta di depok adalah Universitas Gunadarma. Kita akan membahas Universitas Gunadarma dalam artikel ini. Apalah kalian mengetahui sejarah Universitas Gunadarma?
Sejarah singkat Universitas Gunadarma
Sekelompok manusia yang mempunyai keinginan membuat program pendidikan. Berikut perubahan sebuah nama menjadi Gunadarma, seperti Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK). PPIK menuntut suatu wadah melalui yayasan Sistem Analis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika) berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI), pada bulan Juli 1984, melalui surat keputusan yayasan pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma di kukuhkan ke dalam sekolah tinggi menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). STKG berubah menjadi sekolah tinggi manajemen informatika komputer. Gunadarma berawal dengan status diakui, terdaftar sampai disamakan. Universitas Gunadarma bertahap dalam baik dalam jenjang pendidikan maupun jurusan dan kampus Universitas Gunadarma yang hanya fokus dalam bidang komputer kini melangkah dalam bidang ekonomi yang disebut Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Banyak perubahan yang dialami Universitas Gunadarma dari tahun 1981 sampai sekarang, karena Universitas Gunadarma mempunyai tujuan “Menjadikan program pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa dan negara.”
Universitas Gunadarma suatu program pendidikan yang tidak mungkin berjalan dengan lancar, karena tidak dapat dipungkiri masalah demi masalah yang sering dihadapi oleh Universitas Gunadarma. Salah satunya dengan sarana dan prasarana, karena setiap pembangunan yang akan dibangun harus ada sarana prasarana yang mendukung karena setiap calon mahasiswa atau orangtua calom mahasiswa selain melihat kualitas dari kampus tersebut mereka juga melihat dari gedung/sarana dan prasarananya dan permasalahan mutu-mutunya, mengapa? Karena calon mahasiswa/orang tua harus melihat peningkatan mutu dari Universitas Gunadarma itu sendiri, baik peningkatan mutu, pendidikan maupun peningkatan mutu ilmu di lingkungan Gunadarma.
Univesitas Gunadarma adalah Universitas swasta yang melakukan perubahannya berdasarkan tujuan dari Universitas Gunadarma itu sendiri (benar-benar dijalankan), karena pada usia Universitas Gunadarma yang ke-30 ini semakin bertambahnya tahun, bertambah pula persaingan yang sangat ketat dalam program pendidikan dan akan timbul berbagai kecanggihan teknologi lainnya. Maka dari itu Universitas Gunadarma sangat berpegang teguh pada tujuannya “Menjadikan penerus bangsa yang mengenal dan mempelajari tentang  Teknologi Informasi dalam bidang apapun” yang akan selalu dapat digunakan, seperti mencari pekerjaan, mempermudah pekerjaan dan lain-lain.
Sebagian masyarakat mempunyai pandangan lain terhadap Universitas Gunadarma baik pandangan pro maupun kontra. Pandangan untuk pro adalah masyarakat yang setuju karena dengan adanya program pendidikan (kampus) yang mengutamakan teknologi informatika karena secara langsung mahasiswa tidak dapat dikatakan “gagap teknologi” (gaptek) yang didukung oleh fasilitas yang memadai seperti laboratorium dan lain-lain. Sedangkan untuk pandangan kontra sebagian masyarakat memandang Universitas Gunadarma sebagai suatu Universitas swasta yang tidak berbobot dan mahal karena setiap calon mahasiswa selalu mengutamakan Perguruan Tinggi Negeri. Padahal belajar dalam perkuliahan baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta sama saja karena sekarang ini sebagian besar tidak memberi pengaruh terhadap kesuksesan seseorang untuk kuliah dimana semua tergantung pada diri kita sendiri.
Pada ulang tahun Universitas Gunadarma yang ke-30 pada tahun ini Universitas Gunadarma banyak mengalami kemajuan seperti bertambahnya gedung, bertambahnya jurusan Komunikasi dan bertambahnya program beasiswa di Gunadarma. Universitas Gunadarma juga membuka pendaftaran mahasiswa baru dan memperbanyak program beasiswa untuk mahasiswa dalam kategori kurang mampu, mahasiswa aktif, dan mahasiswa berprestasi karena Universitas Gunadarma tidak akan mempersulit calon mahasiswa untuk menuntut ilmu khususnya di Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar