Minggu, 16 Maret 2014

ESDM Berharap Perusahaan BUMN Dukung Ketahanan Energi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berharap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung upaya ketahanan energi. Saat ini Kementerian ESDM tengah menggodok aturan soal peningkatan nilai tambah batubara menjadi salah satunya coal to liquid (CTL). 

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, R Sukhyar menyampaikan, perusahaan yang mau membangun industri CTL tersebut butuh kepastian market (offtaker). "Karena sifatnya kebijakan, di mana pemerintah mendorong orang bangun industri CTL, wajar mereka bertanya siapa yang beli. Nah pemerintah ini harus bantu. Yang paling gampang kan nunjuk BUMNnya," papar Sukyar dijumpai usai diskusi, di Jakarta, Jumat (14/3/2014). 

CTL bisa digunakan untuk pembangkit listrik dan juga industri kimia. Sukhyar berharap, PT Pertamina (Persero), PT PGN (Persero), ataupun PT PLN (Persero) bisa menjadi offtaker jika industri ini tumbuh. 

"Kan penggunaannya bisa untuk listrik. Dan konon katanya harganya lebih murah dibanding natural gass," imbuhnya. 

Batubara merupakan sumber daya yang sangat beragam spesifikasinya. Indonesia kini menjadi salah satu pengekspor batubara terbesar, seiring dengan minimnya penggunaan domestik. Padahal, dibanding dua importirnya, yakni China dan India, cadangan batubara di Indonesia jauh lebih sedikit.


Pendapat pembaca.


Sumber Artikel:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/03/15/1617129/ESDM.Berharap.Perusahaan.BUMN.Dukung.Ketahanan.Energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar