Senin, 05 Maret 2012

Gejala Sosial yang terjadi dalam Masyarakat

Pemilihan Gejala Sosial
Gejala social yang saya amati adalah tentang kriminalitas yang terjadi dimana-mana bahkan tempat yang seharusnya dapat dikategorikan “aman” menjadi tidak aman bagi penggunanya. Sebut saja kriminalitas satu ini yang sedang marak di dalam angkutan umum, yaitu pemerkosaan dengan korban baik dewasa maupun dibawah umur. Kriminalitas ini juga dapat diartikan sebagai pelecehan untuk kaum wanita dimana wanita diperlakukan tidak wajar atau dibatas perlakuan sewajarnya yang dapat mengakibatkan kefatalan. Sosiologi menelaah kehidupan masyarakat seperti norma, kelompok social, perilaku, perubahan (proses) social dan lain sebagainya.

Penyebab Gejala Sosial
Penyebab terjadinya pemerkosaan dalam angkutan umum selain kurangnya lapangan pekerjaan adalah kurangnya ilmu atau etika yang di dapat dari dua pihak. Pertama bagi korban, untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan mini karena akan menimbulkan pemikiran yang berbeda oleh orang lain dan lebih dapat menjaga sikap dimanapun berada. Kedua bagi para tersangka kurangnya ilmu pengetahuan dan etika yang dalam dirinya untuk tidak melakukan perbuatan yang dibawah perlindungan hukum. Selain kedua belah pihak kurangnya fasilitas yang terdapat dalam angkutan umum, misalnya bagi jendela yang terlihat gelap dari luar akan menyulitkan para penumpang untuk meminta bantuan dan kurangnya kartu identitas bagi para supir angkutan umum.

Penyelesaian dari Gejala Sosial
Penyelsaian dari gejala tersebut adalah bagi angkutan umum yang masih menyediakan jendela yang terlihat gelap dari luar dapat diamankan oleh pihak kepolisian dan beberapa polisi di sebuah daerah sudah melarang atau mngontrol langsung di lapangan, adanya kartu identitas bagi supir, berpakaian sewajarnya dan tidak berlebihan, lebih baik memilih angkutan umum yang banyak wanitanya dan banyak-banyak berdoa dalam perjalanan.

Akibat dari Gejala Sosial
Akibat dari gejala tersebut adalah dimana adanya trauma yang terjadi dalam diri si Korban hingga terjadinya gangguan jiwa dan kekurangamanan dalam menggunakan angkutan umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar